Tips mencari referensi dengan cepat


Tips mencari referensi buku dengan mudah:

  1. Memanfaatkan search engine :  

Jika anda sudah menemukan apa yang anda cari, anda bisa menggunakan fasilitas tabbed windows, caranya letakkan cursor pada link yang ingin anda buka, lalu klik kanan, dan keluar menu, lalu anda pilih 'open link in new tab', sambil menunggu loading anda juga dapat membuka yang lain. Jika file berekstensi pdf,doc,ppt atau dos, sebaiknya anda untuk mendownload nya terlebih dahulu untuk menghindari loading yang lama pada browser anda,

2. Mencari buku via google books

Biasanya saya sering mencari suatu buku di situs ini. Keuntungannya adalah kita dapat membaca dan melihat sebagian isi dari suatu buku. Di dalam buku fisik/ebook sulit untuk mencari dua kata yang tidak beraturan. Sedangkan melalui fitur ini saya bisa menemukan semua halaman dengan kata kunci yang sudah saya masukkan. Jadi saya memanfaatkan google ebook untuk mencari halaman suatu buku.

3. Mengunduh buku-buku referensi

Tidak semua isi buku dapat dilihat di google book, bahkan ada pula buku yang tidak tersedia preview nya sama sekali. Beberapa saya memperoleh buku yang saya perlukan di scribd. Saya akan menjelaskan cara mendownload via Scribd. Pertama anda harus log in(bisa menggunakan akun facebook), lalu mengunggah file terlebih dahulu dan barulah kalian bisa mengunduh suatu file dari situs ini.

4. Mengunjungi Wikipedia

Wikipedia merupakan salah satu gudang ilmu yang luar biasa. Anda bisa menunjungi situs Wikipedia dan cari topik-topik yang anda inginkan. Di bagian bawah biasanya dicantumkan juga daftar link dan daftar referensi.

Kaedah-kaedah yang perlu diperhatikan saat mencari referensi di internet.

Perkembangan teknologi informasi yang paling nyata saat ini adalah perkembangan internet yang merupakan jaringan global. Internet membuat banyak informasi yang meungkinkan untuk mencari dan memanipulasi informasi yang ada, maupun menciptakan dan menyebarkan informasi baru

Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi (TIK atau biasa disebut dengan ITC) ini telah membuat pengguna atau masyarakat bukan hanya bagaimana cara mengakses referensi tersebut tetapi bagaimana cara mengetahui referensi yang sesuai dengan kebutuhan secara selektif dan apakah referensi yang kita dapatkan, dijadikan rujukan karena tidak bisa dipertanggun jawabkan legalitas tulisan tersebut.